Khoiri, Akhsin (2017) Hubungan Antara Peranan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqh Siswa Kelas VIII MTs Darul A`Mal Kota Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
AKHSIN KHOIRI 1282071.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kepala sekolah dan guru merupakan komponen utama di sekolah yang berperan penting dalam pengelolaan proses belajar mengajar, dan membimbing siswa agar dapat memperoleh hasil belajar yang optimal. Pencapaian hasil belajar menunutut peranan kepala sekolah dan guru sebagai komponen utama pendidikan untuk memiliki kinerja dan dedikasi tinggi dalam mendidik dan membimbing peserta didiknya. Dalam penelitian ini peneliti mengajukan tiga rumusan masalah dalam yaitu: Apakah ada hubungan antara peranan kepala sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqh siswa kelas VIII MTs Darul A`mal Metro Tahun Pelajaran 2016/2017?, Apakah ada hubungan antara kinerja guru dengan hasil belajar mata pelajaran fiqh siswa kelas VIII MTs Darul A`mal Metro Tahun Pelajaran2016/2017? Apakah ada hubungan antara peranan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqh siswa kelas VIII MTs Darul A`mal Metro Tahun Pelajaran 2016/2017?. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu: Ada hubungan antara peranan kepala sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqh siswa kelas VIII MTs Darul A`mal Metro Tahun Pelajaran 2016/2017, Ada hubungan antara kinerja guru dengan hasil belajar mata pelajaran fiqh siswa kelas VIII MTs Darul A`mal Metro Tahun Pelajaran 2016/2017, Ada hubungan antara peranan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqh siswa kelas VIII MTs Darul A`mal Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian sebanyak 191 orang, dengan jumlah sampel sebanyak35 orang. Desain penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, observasi, analisis data menggunakan rumus korelasi ganda product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adahubungan yang signifikanantara peranan kepala sekolah dan hasil belajar mata pelajaran fiqh. Dan hasil uji hipotesis diketahui bahwa koefisien korelasi antara peranan kepala sekolab dan hasil belajar mata pelajaran fiqh (rx.y) sebesar 0,818. Setelah dibandingkan dengan harga pada df= n -r =35-2=33, dengan tarafkesalahan 5% diperoleh harga sebesar 0,344. Harga r sebesar 0 817 lebih besar dan rtabel pada taraf signifikansi 5% (0, 817> 0,344). Adahubungan yang signifikanantara kinerja gurudan hasil belajar mata pelajaran fiqh. Darihasil uji hipotesis diketahui bahwa koefisienkorelasi antara kinerja guru dan hasil belajar mata pelajaran fiqh sebesar 0,84 1. Setelah dibandingkan dengan harga rtabelpada df=n -r =35-2= 33, dengan taraf kesalahan 5% diperoleh rx2.yhitungsebesar 0,344. Hargarx2.ysebesar 0,841 lebih besar dan rtabel(0,841>0,344). Adahubungan yang signifikanantara peranan kepala sekolah dan kinerja guru dengan hasil belajar mata pelajaran fiqh. Dari hasil uji hipotesis diketahui bahwa koefisien korelasi simultan (rxl.2y)sebesar 0,856. diperoleh harga Fhitungsebesar 43,865.Setelah dibandingkandengan harga Ftabeldengan dk pembilang = k dan penyebut (n-k-1=35-2-1= 32). pada taraf kesalahan 5%, diketahui harga Fhitung Iebih besar danFtabel, (43,865>2,32).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 06:07 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 06:07 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1774 |
Actions (login required)
View Item |