Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlakdi MTs Sabiilul Muttaqien Desa Sukaraja Nuban Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017

Barokah, Anisa (2017) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlakdi MTs Sabiilul Muttaqien Desa Sukaraja Nuban Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ANISA BAROKAH-1397811.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Disiplin atau kedisiplinan adalah tindakan yang menunjukkan prilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.Kedisiplinan sangat diperlukan oleh setiap peserta didik sebagai salah satu cara untuk mendapatkan hasil yang baik dalam pendidikannya bahkan semua siswa, orang tua dan guru sebagai pengajar menginginkan tercapainya hasil belajar yang baik, karena hasil belajar yang baik merupakan salah satu indikator keberhasilan proses belajar mengajar.Hasil Belajar merupakan hasil akhir yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil belajar yang maksimal dapat dicapai dengan menyajikan model pembelajaran yang baik, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Guna mencari kebenarannaya peneliti buktikan melalui penelitian.

Rumusan masalah dalam penelitian ini “Apakah ada pengaruh kedisiplinan belajar peserta didik terhadap hasil belajar Aqidah Akidah akhlak di MTs Sabiilul Muttaqien Desa Sukaraja Nuban Lampung Timur”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan belajar peserta didik, mengetahui hasil belajar akidah akhlak, dan mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar peserta didik terhadap hasil belajar akidah akhlak di MTs Sabiilul Muttaqien Desa Sukaraja Nuban Lampung Timur.Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kuantitatif, populasinya ada 142 siswa dengan sampel 44 siswa kelas VIII dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan Cluster Sampling .Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunkan Chi Kuadrat (2).

Berdasarkan analisis, data yang diperoleh menggunakan perhitungan Chi Kuadrat (2). Didapatkan harga Chi Kuadrat (2hit) = 15,77 sedangkan harga Chi Kuadrat (2tabel) pada tabel dengan taraf signifikan 5% = 9,488. Berdasarkan hasil tersebut maka Chi Kuadrat (2hit) lebih besar daripada harga Chi Kuadrat (2tabel) maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesi nol (Ho) ditolak. Dapat disimpulkan ada pengaruh antara kedisiplinan belajar peserta didik terhadap hasil belajar akidah akhlak di MTs Sabiilul Muttaqien Desa Sukaraja Nuban Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:13
Last Modified: 03 Feb 2020 06:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1776

Actions (login required)

View Item View Item