Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Konsep Pendidikan Islam dalam Studi Perbandingan Jalaluddin Rahkmat dan Muhammad Rasyid Ridho

Sapitri, Desi Tri (2017) Konsep Pendidikan Islam dalam Studi Perbandingan Jalaluddin Rahkmat dan Muhammad Rasyid Ridho. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
DESI TRI SAPITRI 1398061.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah humanisasi, yaitu upaya memanusiakan manusia atau upaya membantu manusia agar mampu mewujudkan diri sesuai dengan martabat kemanusiannya.Menyadarkan manusia bahwa kedudukan mereka sangat mulia di bandingkan dengan makhluk Allah yang lainnya. Maka pendidik perlu memahami hakikat manusia. Terkadang permasalahan tentang pendidikan bermula dari ketidak pahaman akan pengertian dan korelasi antara hakikat manusia dengan pendidikan baik dalam keadaan aktualitasnya, posibilitasnya, dan idealitasnya.Konsep pendidikan Islam merupakan sistem pendidikan yang dapat memberikan kemampuan kepada seseorang untuk memimpin sesuai dengan cita-cita dan nilai-nilai Islam yang telah menjiwai kepribadiannya. Sedangkan konsep pendidikan Islam memiliki tujuan yaitu perubahan yang diharapkan pada subjek didik setelah mengalami proses pendidikan baik pada tingkah-laku individu dan kehidupan pribadinya maupun kehidupan masyarakat dan alam sekitarnya di mana individu itu hidup.

Penelitian ini bertujuan: “Untuk mengetahui Konsep pendidikan agama Islam dalam surat Al-Fatihah menurut Jalaludin Rahmatdan Muhammad Rasyid Ridho”. Jenis penelitiandalam penelitian ini adalah:kepustakaan (library research), yang bertumpu pada kajian dan telaah teks. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah sebagai berikut: (1) teknik observasi, (2) teknik komunikasi, (3) teknik pengukuran, dan (5) teknik telaah dokumendan buku-buku yang berkaitan dengan Jalalludin Rahmad dan Muhammad Rasyid Ridho.Analisa data dalam penelitian ini bahwa Konsep pendidikan Islam menurut Jalalludin Rahmatadalah Konsep landasan Filosofis Pendidikan Islam yaitu:Konseppemikiran tentang pendidikan Islam yang berlandasan filosifis pendidikan Islam harus dibangun di atas pondasi yang kuat,Konsep mengembangkan Ilmu dan Iman, Konsep perpaduan tubuh dan Jiwa. Sedangkan konsep pendidikan Islam dalam surat Al-Fatihah menurut Muhammad Rasyid Ridho yaitu tentang Konsep tentangNilai Pendidikan Keimanan, Konsep pokok ajaran ibadah, Konsep pokok ajaran agama dan Konsep ajaran tentang kisah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:27
Last Modified: 03 Feb 2020 06:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item View Item