Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Buku Tasawuf Modern Buya Hamka

Fadila, . (2017) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Buku Tasawuf Modern Buya Hamka. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
FADILA -1282951.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam pada zaman globasisasi ini sangat mengalami kemajuan dan perkembangan yang signifikan, hal ini terlihat dari banyak mengalami perbaikan dan perubahan ke dalam gaya pendidikan Islam formal. Ajaran Islam terdiri dari aspek lahir atau luar dan aspek batin yang seharusnya terintegrasi dalam pendidikan Islam. Pendidikan Islam banyak yang terlena dengan kemjuan zaman saat ini akibat pengaruh dari globalisasi, hal yang bersifat batin masih relatif sering diabaikan Tasawuf sebagai salah satu kajian dalam Islam sangat kaya akan nilai-nilai Islam yang bisa diaplikasikandalam khazanah pendidikan Islam, terutama dalam bidang ruhani dan akhlak. Dengan nilai-nilai yang ada dalam tasawuf, pendidikan Islam akan lebih kaya makna, lebih dari itu peserta didik tidak hanya mengetahui pokok-pokok pendidikan Islam secara teoritis, tapi mereka juga dapat mengetahui ruh serta makna pendidikan Islam.

Pada penelitian ini penulis ingin mengetahui tentang nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam buku Tasawuf Modern buya Hamka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis dan kajian pustaka. Setelah data terkumpul dan tercatat dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah menganalisa data. Proses analisa dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia dariberbagai sumber, kemudian data tersebut dianalisis dan dipelajari secara cermat dan dideskripsikan yang selanjutnya memberikan gambaran dan penjelasan serta uraian.

Dari buku tersebut setidaknya terdapat tiga pokok pembahasan mengenai nilai-nilai pendidikan Islam, yaitu pendidikan keimanan, pendidikan akhlak dan pendidikan spritual. Memperteguh keimanan dengan cara memahami dan memperbanyak membaca Al-Qur’an, memahamihadits Nabi, serta bertafakur kepada Allah adalah contoh nilai pendidikan keimanan yang dibahas dalam buku Tasawuf Modern. Nilai pendidikan akhlak dapat terlihat dengan penjelasan Hamka tentang macam-macam akhlak terpuji, diantaranya adalah rasa malu, sidiq, qana’ah, amanah, ikhlas, dan tawakal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:44
Last Modified: 03 Feb 2020 06:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1785

Actions (login required)

View Item View Item