Khoir, Fatkhul (2017) Peranan Bimbingan Guru TPA Dalam Peningkatan Minat Membaca dan Menulis Al-Qur’an Santri TPA Ashobirin Kampung Tanggul Angin Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi Fatkhul Khoir.pdf - Other Download (8MB) | Preview |
Abstract
Guru adalah faktor yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan terlebih Guru Baca Tulis Al-Qur‟an memegang peranan yang sangat strategis dan signifikan dalam mengajarkan ayat-ayat Al-Qur‟an pada Santri. Guru Baca tulis Al-Qur‟an agar lebih memperhatikan dan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada Santri yang mengalami kesulitan dan penurunan minat membaca dan menulis Al-Qur‟an maupun yang telah lancar dalam membaca dan menulis AL-Qur‟an agar dapat membaca AL-Qur‟an dengan baik dan benar. Oleh karena itu, diperlukannya bimbingan dan pengetahuan bagi Santri agar memiliki kemampuan membaca dan menulis Al-Qur‟an yang sesuai dengan hukum tajwid dan makhorijul huruf.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan yang dilakukan oleh Guru Baca tulis Al-Qur‟an dalam meningkatkan minat membaca dan menulis Al-Qur‟an Santri di TPA Ashobirin Kampung Tanggul Angin. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Guru baca Tulis Al-Qur‟an, Kepala TPA, dan Santri terkait peranan yang dilakukan oleh Guru baca tulis Al-Qur‟an dalam meningkatkan minat membaca dan menulis Al-Qur‟an. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan peranan dalam meningkatkan minat membaca dan menulis Al-Qur‟an Santri.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa peranan yang dilakukan oleh Guru baca tulis Al-Qur‟an dalam meningkatkan minat membaca dan menulis Al-Qur‟an Santri kelas II wustho di TPA Ashobirin Tanggul Angin, melalui 5 cara yaitu: 1)guru sebagai pembimbing, 2) pemberian motivasi, 3) guru sebagai konselor4)guru sebagai pengatur lingkungan 5)guru sebagai partisipan. Faktor pendukung peranan bimbingan Guru TPA dalam meningkatkan minat membaca dan menulis Al-Qur‟an di TPA Ashobirin Tanggul Angin terdiri dari: dukungan orangtua dan sarana prasarana yang lengkap dan memadahi. Sedangkan faktor penghambat peranan guru TPA dalam meningkatkan minat membaca dan menulis Al-Qur‟an di TPA Ashobirin terdiri dari: media massa khususnya media elektronik serta lingkungan sosial seperti salah memilih teman dalam bergaul. Peranan yang dilakukan oleh Guru TPA dalam meningkatkan minat membaca dan menulis Al-Qur‟an Santri TPA Ashobirin Kampung Tanggul Angin, telah berjalan dengan baik dan bisa dikatakan cukup berhasil dalam tingkat minat dan perubahan bacaan Al-Qur‟an Santri. Hal ini terbukti bahwa sebagian Santri sudah mampu membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar sepert:dapat mengenal huruf hijaiyah,mengetahui hukum bacaan tajwid dan dapat mengamalkanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 06:47 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 06:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1786 |
Actions (login required)
View Item |