Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru dengan Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Marga Tiga Lampung Timur

Sari, Febri (2017) Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru dengan Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Marga Tiga Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
FEBRI SARI - 1283011.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan mengajar guru merupakan suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran karena salah satu cara yang dapat dilakukan guru agar proses pembelajaran di kelas dapat menumbuhkan gairah belajar siswa adalah dengan menggunakan keterampilan mengajar, karena keterampilan mengajar merupakan syarat mutlak untuk efektifnya sebuah proses pembelajaran. Minat besar sekali pengaruhnya terhadap belajar, sebab dengan minat seseorang akan melakukan sesuatu yang diminatinya. Sebaliknya tanpa minat seseorang tidak mungkin melakukan sesuatu. Keterlibatan siswa dalam belajar erat kaitanya dengan sifat-sifat murid, baik yang bersifat kognitif seperti kecerdasan dan bakat maupun yang bersifat afektif seperti motivasi, rasa percaya diri, dan tidak kalah pentingnya yaitu minat belajar.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan minat belajar siswa SMA Negeri 1 Marga TigaLampung Timur. Dan hipotesis penelitiannya adalah ada hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan minat belajar siswa SMA Negeri 1 Marga TigaLampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Marga TigaLampung Timuryang ber jumlah 200siswa dengan sampel penelitian sebanyak 40siswa. Metode yang digunakan adalah metode angket sebagai metode yang utama, dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan rumus SPSS versi 16.00.Hasil penelitian menunjukkan bahwamenunjukkan Tingkat pencapaian skor persepsi siswa tentangketerampilan mengajar gurukategori sedang (50.4%) signifikasi korelasi sebesar 0,01 dengan nilai probabilitas (p)< alpha 0,05. Dari hasil analisis statistik yang dilakukan diperoleh nilai (R2)=0,254. Berarti persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru menunjukan korelasi terhadap minat belajar siswa sebesar 25.4%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:53
Last Modified: 03 Feb 2020 06:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1788

Actions (login required)

View Item View Item