Pangestu, Galih (2017) Penggunaan Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMPN 1 Kotagajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI GALIH PANGESTU pdf.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, pada intinya tidak terlepas dari ide kreativitas guru dalam proses pembelajaran, baik dalam menelaah dan mengembangkan kurikulum,penggunaan media maupun dalam menggunakan model pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Hal ini agar materi yang diajarkan mudah dipahami siswa dan tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai.Pada kenyataannya tujuan pembelajaran seringkali tidak tercapai karena kesulitan siswa dalam memahami penjelasan dari guru. Hal ini sebagaimana dijumpai pada siswa kelas VIII SMPN 1 Kotagajah. Belum maksimalnya hasil belajar yang diperoleh siswa, siswa kurang antusias dalam belajar dan merasa bosan saat pembelajaran, hal ini dikarenakan pembelajaran PAI yang monoton serta kurangnya variasi guru dalam menggunakan model dalam pembelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini ialah pengggunaan model pembelajaran STADdalam proses belajar mengajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah “Apakah penggunaaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran PAI SMP N 1 KotagajahLampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran tipe STADdalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kotagajah Kabupaten Lampung Tengahtahun pelajaran 2016/2017.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yakni penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Ketuntasan belajar peserta didikpada siklus I rata-rata sebesar 44%dan pada siklus II sebesar 80%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 36% artinya hasil belajar siswa yang memenuhi KKM ≥ 75 mencapai 80%di akhir siklus. Hal ini menunjukan pembelajaran denggan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learningtipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI.Berdasarkan peningkatan hasil belajar di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasilbelajar siswa dalam pembelajaran PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kotagajah Kabupaten Lampung Tengahtahun pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 07:03 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 07:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1791 |
Actions (login required)
View Item |