Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Etika Berkomunikasi Siswa di SMP Negeri 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018

Irawati, Hani Riska (2018) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Etika Berkomunikasi Siswa di SMP Negeri 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI HANY RISKA IRAWATI.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Etika berkomunikasi adalah norma sopan santun dalam berkomunikasi baik itu antara orangtua, guru, maupun dengan teman. Guru sebagai tenaga pendidik, harus dapat dijadikan contoh dalam etika berkomunikasi yang baik sesuai dengan ajaran Islam.

Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya, faktor pendukung dan faktor penghambat Guru Pendidikan Agama Isam dalam pembinaan etika berkomunikasi siswa. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti termasuk jenis penelitian kualitatif lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islaam, dan Siswa-siswi SMP Negeri 2 Pekalongan. Peneliti melakukan observasi terkait etika berkomunikasi kepada siswa dengan melihat cara guru dalam memberikan pembinaan etika berkomunikasi kepada siswa dan cara siswa dalam bersikap maupun berkomunikasi kepada guru. Dokumentasi dilakukan dengan cara untuk memperoleh data yang terkait dengan sejarah singkat, visi dan misi, keadaan sarana dan prasarana, denah lokasi, data tentang keadaan guru dan karyawan, data tentang siswa, dan struktur organisasi SMP Negeri 2 Pekalongan.

Dari hasil penelitian, ternyata upaya yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan etika berkomunikasi siswa di SMP Negeri 2 Pekalongan, melalui tiga cara, yaitu: 1) pemberian motivasi, 2) pemberian bimbingan, 3) latihan pembiasaa. Faktor pendukung etika berkomunikasi siswa di SMP Negeri 2 Pekalongan, terdiri dari: lingkungan keluarga dan lingkungan instruksional (sekolah). Sedangkan faktor penghambat etika berkomunikasi siswa, terdiri dari: lingkungan sosial (teman sebaya) dan media massa.Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan dan dipahami bahwa upaya yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islamdalam pembinaan etika berkomunikasi siswa di SMP Negeri 2 Pekalongan, telah berjalan dengan baik dan cukup berhasil, hal ini terbukti bahwa sebagian besar siswa sudah mampu berkomunikasi dengan sopan kepada orangtua, guru, dan teman, sehingga menunjukkan sikap saling menghormati, dan mengucapkan salam dan berjabat tangan ketika bertemu dengan guru, karyawan sekolah maupun dengan sesama teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:06
Last Modified: 03 Feb 2020 07:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1792

Actions (login required)

View Item View Item