Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pengembangan Soft Skillsiswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMKN 1 Pekalongan Lampung Timur

Safitri, Heni (2017) Strategi Pengembangan Soft Skillsiswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMKN 1 Pekalongan Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
HENI SAFITRI 1398591.pdf - Other

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peran utama. Harapan setiap guru adalah agar siswanya dapat mencapai hasil belajar yang sebaik-baiknya sesuai dengan tujuan yang telah digariskan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Dalam proses pembelajaran guru tidak hanya menjalankan fungsi sebagai pengajar tapi juga berfungsi untuk menanamkan nilai serta tauladan guna untuk membangun karakter siswa secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan soft skillsiswa yang dilakukan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sertafaktoryang mempengaruhi pengembangan soft skillsiswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama IslamSMKN 1 Pekalongan.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatiflapangan. Subjek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa SMKN 1 Pekalongan Lampung Timur. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami. kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan.

Berdasarkan deskripsi data dan penyajian data dari hasil penelitian menyatakan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru dalam pengembangan soft skillsiswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Pekalongan yaitu: 1) Menciptakan model karakter yang ingin dikembangkan. Seperti menceritakan kisah tauladan Rasulullah SAW 2)Guru harus membantu anak dalam mengadopsi kemampuan untuk memahami dan menguasai soft skill. Dengan cara menanamkan sikap jujur, disiplin, bertanggung jawabdan sopan santun. 3) Guru harus mampu mendorong suasana yang dapat mengembangkan soft skill. dan 4)Guru harus menyediakan berbagai macam aktivitas yang bersumber pada nilai hidup dan aturan yang akan dipelajari. Adapun faktor mempengaruhi yaitu adanya faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung pengembangan soft skillyaitu 1) motivasi, 2) kecerdasan 3) orangtua dan 4) lingkungan. Sedangkan faktor yang menghambat pengembangan soft skillyaitu 1) kematangan atau pertumbuhan 2) teman sebaya dan 3) media massa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:09
Last Modified: 03 Feb 2020 07:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item View Item