Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Purbolinggo

Dimassela, Idul (2017) Penggunaan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Purbolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI IDUL DIMASSELA pdf.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil prasurvei peneliti, pada hasil ulangan semester ganjil mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Muhammadiyah1 Purbolinggo tahun pelajaran 2016/2017 terdapat beberapa siswa yang belum tuntas KKM karena proses pembelajarannya masih menggunakan metode yang kurang menunjang keaktifan siswa, guru masih menggunakan metode ceramah. Dari hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “ Apakah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Purbolinggo tahun pelajaran 2016/2017?”Mengacu masalah tersebut diatas, penulis berusaha untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), pada sub pokok bahasan solat jamak dan solat sunah. Pada pembelajaran siswa akan terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus, tahap-tahapnya adalah perencanaaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Purbolinggo pada mata pelajaran Fiqih dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas VII semester genap MTs Muhammadiyah 1 Purbolinggo tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa dengan menggunakan model Contextual teching and Learning, aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa Pada siklus I sebesar60.48% dan Pada siklus II sebesar 74.41%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 58%dan pada siklus II sebesar 81%. Artinya terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 13.93% dan Hasil belajar sebesar 23%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:17
Last Modified: 03 Feb 2020 07:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1795

Actions (login required)

View Item View Item