Isnani, Khoirul (2017) Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MTs Miftahul Huda Banding Sukadana Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi Khoirul Isnani PAI 1283551.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kedisiplinan belajar merupakan merupakan keseluruhan skor dari indikator-indikator yang meliputi disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan, disiplin sikap. Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta melalui proses latihan yang dikembangkan menjadi serangkaian perilaku yang di dalamnya terdapat unsur-unsur ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, ketertiban dan semua itu dilakukan seabagi tanggung jawab yang bertujuan untuk mengawas diri.Sedangkan hasil belajar merupakan suatu perubahan yang berupa perubahan tingkah laku, pengetahuan dan sikap yang diperoleh seseorang setelah melakukan proses kegiatan belajar gunamenjadi pedoman didalam hidupnya.
Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah : “Apakah ada pengaruh antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak MTs Miftahul Huda Banding Sukadana Lampung Timur tahun pelajaran 2016/2017”?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah ada pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak peserta didik MTs Miftahul Huda Banding Sukadana Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif yang dalam pengolahan datanya menggunakan tehnik analisis data produck moment. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 102 peserta didik yang diambil dari populasi yang berjumlah 139 peserta didik MTs Miftahul Huda Banding Sukadana Lampung Timur dan dalam pengambilan sampel menggunakan tehnik random sampling dengan menggunakan rumus Issac dan Michel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode dokumentasi.
Hasil analisa data penulis menggunakan rumus Product Moment, hasil yang diperoleh adalah rxysebesar besarnya 0,436 lebih besar dari pada rtabel, untuk taraf signifikan 5% yakni 0,193. Serta nilai rxydi interpretasikan pada tabel koefisien korelasi dengan nilai koefisien 0,436 berada pada kategori sedang. Untuk melihat signifikasi pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar peserta didik MTs Miftahul Huda Banding maka digunakan rumus t hitungdengan hasil 4,84 dan diinterpretasikan kedalam t tabeldengan nilai 1,659 maka didapati ada pengaruh yang signifikan. Sedangkan untuk mengetahui kontribusinya digunakan KP yakni koefisien determinasi dengan hasil 19,0096%. Artinya kedisiplinan belajar memberikankontribusi terhadap hasil belajar sebesar 19,0096%dan sisanya80,9904%ditentukan oleh variabel lain. Dapat disimpulkan “Ada Pengaruh Positif dan Signifikan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Peserta didik MTs Miftahul HudaBanding Sukadana Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/ 2017”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 07:27 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 07:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1798 |
Actions (login required)
View Item |