Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI MA Ma’arif NU 5 Sekampung Tahun Pelajaran 2016/2017

Khotimah, Khusnul (2017) Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI MA Ma’arif NU 5 Sekampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI KHUSNUL JADI FIX.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Keterampilan guru dalam mengajar berfungsi untuk mengukur langkah-langkah kemajuan serta memberikan umpan balik dan dapat membantu pendidik itu sendiri dalam mengatasi permasalahan-permasalahan atau kendala-kendala yang muncul pada waktu penyampaian materi pembelajaran sehingga materi pembelajaran yang akan disampaikan pendidik dapat diserap oleh peserta didik dengan baik dan diharapkan hasil belajar peserta didik lebih baik.Hasil prasurvey menyatakan bahwa pendidik mata pelajaran Fiqih yang ada telah menggunakan berbagai keterampilan dalam mengajar, namun hasil belajar peserta didik kelas XI mata pelajaran fiqih di MA Ma’arif NU 5 Sekampung Tahun Pelajaran 2016/2017 masih rendah.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh antara keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI MA MA’arif NU 5 Sekampung Tahun Pelajaran 2016/2017?”. Sedangkan Tujuannya adalah untuk mengetahui keterampilan mengajar guru MA M’arif NU 5 Sekampung Tahun Pelajaran 2016/2017, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI MA Ma’arif NU 5 Sekampung Tahun Pelajaran 2016/2017, dan untuk mengetahui pengaruh antara keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI MA Ma’arif NU 5 Sekampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Hipotesis yang diajukan dalam ini adalah “ada pengaruh antara keterampilan guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih.”Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MA Ma’arif NU 5 Sekampung yang berjumlah 220 siswa. Sedangkan sampel yang diperoleh dari teknik simple random sampling adalah 32 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket (questionare), dokumentasi, dan observasi. Kemudian dalam menganalisis data digunakan rumus regresi linier sederhana.

Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana maka dapat diketahui bahwa terdapat korelasi antara variabel keterampilan mengajar guru dengan variabel hasil belajar dengan koefisisen korelasi sebesar 0,257 dengan nilai probabilitas (p) < alpha 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa korelasi yang terjadi antara kedua variabel tersebut sangat signifikan. Besarnya korelasi predictor terhadap Hasil belajar adalah R2x 100%. Dari hasil analisis statistik yang dilakukan diperoleh nilai (R2)=0,66. Berarti keterampilan mengajar guru menunjukan pengaruh terhadap kesehatan hasil belajar siswa sebesar 66%. Dan sisanya 34% ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:33
Last Modified: 03 Feb 2020 07:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1800

Actions (login required)

View Item View Item