Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswi Kelas VIII SMPIT Bina Insani Tahun Pelajaran 2016/2017

Lestari, Maida (2017) Penggunaan Pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswi Kelas VIII SMPIT Bina Insani Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
MAIDA LESTARI 1283711.pdf - Other

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil prasurvei peneliti, pada hasil ujian tengah semester Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam siswi kelas VIII SMPIT Bina Insani Tahun Pelajaran 2016/2017terdapat beberapa siswa yang belum tuntas karena guru mengajar lebih sering menggunakan metode ceramah. Dari hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah penggunaan pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswi kelas VIII SMPIT Bina Insani Tahun Pelajaran 2016/2017”

Mengacu masalah tersebut diatas, penulis berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatansomatik, auditori, visual, intelektual(SAVI) pada sub pokok bahasan Hidup Bersih Semua Jadi Nyaman dan Indahnya Kebersamaan dengan Salat Berjamaah.Pada pembelajaran siswa akan terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus, tahap-tahapnya adalah perencanaaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan pendekatan somatik, auditori, visual, intelektual(SAVI) dalam rangka meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam siswi kelas VIII SMPIT Bina Insani Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakantes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran menggunakan menggunakan pendekatan somatik, auditori, visual, intelektual(SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswi kelas VIII SMPIT Bina Insani Tahun Pelajaran 2016/2017, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar belajar siswa pada siklus I sebesar 81% dan pada siklus II yaitu 100%. Artinya terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 19%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:39
Last Modified: 03 Feb 2020 07:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1801

Actions (login required)

View Item View Item