Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di SMPIT Al-Mukminun Metro

Hafidz, Muhammad (2017) Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di SMPIT Al-Mukminun Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI MUHAMMAD HAFIDZ (1399011).pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

ola asuh orangtua adalahbentuk, model atau cara orangtua dalam menjaga, merawat, mendidik, melatih dan membimbing dalam rangka mendewasakan anak.Salah satu prilaku pengasuhan yang di lakukan orangtua adalah pendisiplinan. Beberapahalyang mempengaruhi,siswa kurang menunjukkan sikap disiplin dalam belajar, diantaranya adalah lemahnya perhatian orangtua kepada anak yang diksebabkan orangtua sibuk dengan urusan ekonomi, pengaruhpergaulandilingkungansekitarsiswa,adanyaperkembangan media elektronik, dan kurang demokratisnya pendekatan dari orangtua.Disinilah diperlukan adanya peran orangtua untuk membantu meningkatkan kedisiplinan belajar siswa, yang sekaligus menjadi alat pengendali perilaku siswa yang dianggap masih kurang, sehingga siswa menjadi displin dalam hal belajar.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahApakah terdapat pengaruh pola asuh orangtua terhadap kedisiplinan belajar di rumah siswa SMPIT Al-Mukminun Metro?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orangtua terhadap kedisiplinan belajar di rumah, siswa SMPIT Al-Mukminun Metro.Penelitian ini di disain dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasinya sebanyak 63 siswa dan sampelnya yakni siswa yang bermukim bersamaorantuanya sebanyak 28 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket sebagai metode pokok, dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung, serta teknik analisis data statistika penulis menggunakan rumus product moment.Hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini adalah “Ada pengaruh pola asuh orangtuaterhadap kedisiplinan belajar siswadi SMPIT Al-Mukminun Metro”.

Hasil penelitian menunjukan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang penulis ajukan diterima dengan rhit0,407lebih besar dariharga rtabelpada df = N-nr = 28-2= 26 dan taraf signifikasi 5% sebesar 0,374. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa “jika pola asuh yang dilakukan orangtua baik maka kedisiplinan belajar siswa di rumah akan cenderung baik”. Hal ini berarti bahawa teori yang menyatakan pola asuh orangtua berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:48
Last Modified: 03 Feb 2020 07:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1804

Actions (login required)

View Item View Item