Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Punggur Kabupaten Lampung Tengah

Retnowati, . (2017) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Retnowati.pdf - Other

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pada proses belajar mengajar yang perlu menjadi perhatian seorang guru adalahbagaimana menciptakan lingkungan kelas yang kondusif, menyenangkan, menggairahkan, menarik untuk belajar, salah satunya yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, misal media audio visual, sehingga dapat dapat menggairahkan motivasi belajar yang maksimal bagi para anak didiknya. Pada motivasi terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan, dan mengarahkan sikap dan perilaku individu belajar. Hakikat motivasi belajar adalah “dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku.

Adapun masalah yang penulis temukan melalui penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa di SMPN 1 Punggur, diperoleh data yang menunjukkan penggunaan media pembelajarannya cukup baik dan motivasi belajar siswa juga tergolong cukup baik. rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Kemudian untuk dugaan sementara atau hipotesis penulis menyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Punggur. Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Hasil analisa data penulis menggunakan rumus chi kuadrat. Hasil yang diperole harga Chi Kuadrat hitung (X2) yaitu 12,04 lebih besar dari Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% pada df atau db = 4 yaitu 9,488, dengan demikian harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari harga Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% karenanya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif antara pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Punggur Kabupaten Lampung TengahTahun Pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:59
Last Modified: 03 Feb 2020 07:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1808

Actions (login required)

View Item View Item