Wulan, Sari (2017) Konsep Pendidikan Islam Menurut Hasan Al-Banna(1906-1949M)dalam Kitab“Risalatut Ta’aalim”. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI SARI WULAN (1399531).pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Dalam penilaian, banyak orang yang meragukan kredibilitas Imam Hasan Al-Banna dalam pemikiran-pemikiran pendidikan Islam disebabkan kurang mengenal sosok Imam Hasan Al-Banna secara utuh. Keutuhan pribadinya dapat dilihat dari karya-karyanya. Gambaran pribadinya dapat dilihat dari konsistensinya dalam sebuah organisasi yang didirikan yang bernama Ikhwanul Muslimindidalam organisasi tersebut Imam Hasan Al-Banna menjadi seorang Mursyid untuk para kadernya yang mengajarkan nilai-nilai Islam. Dalam mengajarkan kepada para Mujahid terdapat konsep pendidikan Islam yang digagas oleh Imam Hasan Al-Banna dalam sebuah karya yang berjudul Risalatut Ta’aalimatau biasa dikenal di Indonesia sebagai Risalah Ta’aalim.Sehingga memunculkan sebuah pertanyaan bagaimana konseppendidikan Islam Hasan Al-Banna dalam kitab “Risalatut Ta’aalim”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Hasan Al-Banna dalam karyanya yaitu Risalatut Ta’alim. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pustaka yang teknik analisis datanya menggunakan analisis isi. Sedangkan teknik pengumulan datanya menggunakan dokumen atau buku yang ditulis oleh Hasan Al-Banna yang sudah diterjemahkan dan buku karya orang lain yang menuliskan tentang pemikiran Hasan Al-Banna.
Dari hasil penelitian, konsep pendidikan Hasan Al-Banna dalam pendidikan Islam meliputi pengertianpendidikan Islam merupakan sebagai proses pengembangan segala potensi yang dimiliki manusia baik kembali pada Al-Qur’an dan As-sunnah,dasar-dasar pendidikan Islam bersumber pada Al-Qur’an dan Hadist,tujuan pendidikan Islam Imam Hasan Al-Banna adalah keikhlasan karena tujuan tertinggiseertislogan beliau “Allah adalah tujuan kami”,materipendidikanIslam meliputi dua aspek penting yaitu ketauhidandan keuniversalan dan integral,metodependidikan selaras dengan konsep manusia sebagai khalifah Allah sehingga metodenya bertumpun pada metode Qur’ani,Hubunganpendidik dan peserta didik harus harmonis dan masing-masing menjalankan tugas dan kewajibannya dengan komitmen yang tinggi,dan setiap proses harus dilihat dampak yang terjadi sehingga dapat dilakukan hal-hal yang senada dengan itu agar apa yang menjadi tujuan utama dapat tercapai dengan baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 08:08 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 08:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1811 |
Actions (login required)
View Item |