Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VIII di MTs Daarul Ma’arif Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017

Khafifah, Siti (2017) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VIII di MTs Daarul Ma’arif Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SITI KHAFIFAH - 1399611.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan belajar adalah sikap mental yang tercermin dalam perbuatan atau tingkah laku perorangan, kelompok atau masyarakat yang berupa ketaatan terhadap peraturan ditetapkan etik, norma dan kaidah yang berlaku dalam masyarakat untuk tujuan tertentu. Disiplin adalah orang yang belajar atau yang secara sukarela mengikuti pemimpinnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah”Apakah ada pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa di MTs Daarul Ma’arif Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016 /2017”. Sedangkan tujuannya adalah Untuk mengetahui adanya pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VIIIdi MTs Daarul Ma’arif Natar lampung Selatan. Metode yangdigunakan dalam pengumpulan data adalah metode quisioner (angket), metode dokumentasi, pengamatan atau observasi. Metode angket digunkan untuk memperoleh informasi dari responden, jenis angket tidak langsung dan bersifat tertutup yaitu jenis angket yang sudah disediakan jawabannya. Teknik analisis data dengan menggunakan Chi Kuadrat.

Hipotesis yang diajukan dalam ini adalah ”Ada pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Fiqih Pada Siswa di MTs Daarul Ma’arif Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016 M/2017M. Populasi Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Daarul Ma’arif Natar Lampung Selatan yang berjumlah 115 siswa, yang terdiri dari empat kelasyaitu kelas A,B,C dan D.

Berdasarkan hasil penelitian,menunjukkan bahwa telah diperoleh harga koefisien kontingensi sebesar 16,91 setelah dibandingkan dengan tabel produc moment, maka lebih besar dari “r ” tabel pada taraf signifika 5% (9,488) . Sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil(Ho) ditolak. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif antaraada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar fiqih siswa kelas VIII di MTs Daarul Ma’arif Natar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:11
Last Modified: 03 Feb 2020 08:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item View Item