Komariah, Siti (2017) Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU 5 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Siti Komariah - 1399621.pdf - Other Download (5MB) | Preview |
Abstract
Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam pendidikan formal pada umumnya karena bagi siswa guru sering dijadikan tokoh tauladan. Dengan begitu kewibawaan guru dalam proses belajar mengajar sangat penting sekali demi keberhasilan siswa untuk mencapai hasil belajar yang baik, sekaligus cermin terhadap tingkat keberhasilan guru dalam memacu kegiatan-kegiatan siswanya. Untuk mencapai hasil belajar yang baik seorang guru harus melaksanakan tugasnya membimbing siswa dengan menerapkan pengakuan dan penerimaan, kasih sayang dan kelembutan, penguatan, tindakan tegas yang mendidik, pengarahan dan keteladanan yang mendidik. Namun pada kenyataanya belum semua guru melakukan hal tersebut sehingga kewibawaan guru belum terwujud. Begitu juga dengan hasil belajar siswa yang masih rendah.Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU 5 Sekampung?.Hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh kewibawaan guru terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 5 Sekampung.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh kewibawaan guru terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 5 Sekampung. Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif yang dalam pengelolaan datanya menggunakan sampel dari populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 peserta didik yang diambil dari populasi yang berjumlah 162 peserta didik kelas VIII. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket (Quesioner) dan metode dokumentasi. Kemudian untuk menganalisa data digunakan chi kuadratdan uji koefisien kontingensi untuk mengukur seberapa besar pengaruhnya..Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang telah penulis kumpulkan dalam penelitian ini, selanjutnya yang penulis lakukan dalam menginterprestasikan hasil Chi Kuadrat dengan harga Chi Kuadrat tabel. Dari perhitungan tersebut diperoleh harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari harga Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% pada db=4 yaitu 10,17 sedangkan harga tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 9,488 dengan demikian harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% maka Ho ditolak. Demikian Ha yang penulis ajukan yaitu Ada Pengaruh kewibawaan guru terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 5 Sekampung diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 08:17 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 08:17 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1814 |
Actions (login required)
View Item |