Sobirin, . (2017) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe Jigsaw) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs Guppi 02 Untoro Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SOBIRIN 1284701.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil pra survey nilai harian mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas VIII di MTs GUPPI 02 Untoro tahu pelajaran 2016/2017 terdapat beberapa peserta didik yang belum tuntas karena terdapat beberapa permasalahan antara lain : Proses pembelajaran yang kurang menarik sehingga berdampak pada prestasi belajar yang masih rendah, kurangnya antusiasme peserta didik terhadap mata pelajaran Al Qur’an dan Hadist, sehingga kelas kurang efektif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : “Apakah Metode Pembelajaran Kooperatif (Tipe Jigsaw) dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’anHadist Kelas VIII MTs GUPPI 02 Untoro Kec. Trimurjo Lampung Tengah tahun pelajaran 2016/2017?.”Mengacu pada masalah tersebut di atas, penulis berusaha untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw, dengan materi kuraih ketenangan hidup dengan tidak tamak serta keseimbangan hidup dunia dan akhirat. Pada pembelajaran peserta didik akan trlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tahap-tahapnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Tujuan dari penelitian adalah untuk menggunakanmodel pembelajaran kooperatif (Tipe Jigsaw) untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di MTs GUPPI 02 Untoro Kecamatan Trimurjo LampungTengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, tes, observasi, dan dokumentasi.Adapun analisis penelitiannya peneliti menggunakan analisis rata-rata hitung.Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa dengan menggunakan metode Kooperatif (Tipe Jigsaw),prestasi belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I, prestasibelajar mencapai 44,4%. Pada siklus II, prestasi belajar sebesar 76%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Kooperatif (Tipe Jigsaw)dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 08:27 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 08:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1816 |
Actions (login required)
View Item |