Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Pembiasaan Guru PAI Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Metro Kecamatan Metro Selatantahun Pelajaran 2016/2017

Handayani, Tri Ayu (2017) Pengaruh Metode Pembiasaan Guru PAI Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Metro Kecamatan Metro Selatantahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TRI AYU HANDAYANI - 1399751.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru sebagai figur terbaik dalam pandangan anak, yang sopan santunnya, tindak tanduknya, disadari atau tidak akan ditiru anak didiknya. Karena pendidik selalu menjadi sorotan, terutama oleh anak didik, maka sudah menjadi kewajiban agar ia dapat menjadikan dirinya sebagai teladan bagi anak didik. Oleh karena itu seorang guru diharapkan secara langsung dapat membimbing, melatihserta membiasakan tingkah laku anak terhadap hal-hal yang terpuji.Dalam bukunya Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zainmengngemukakan “Pembiasaan yang baik akan membentuk sosok manusia yang berkepribadian yang baik pula. Sebaliknya pembiasaan yang buruk akan membentuk sosok manusia yang berkepribadian yang buruk pula”. Melihat hal tersebut maka penulis mengadakan penelitian secara lebih mendalam mengenai pengaruh metode pembiasaan terhadap pembentukan karakter siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Metro dengan populasi seluruh siswa kelas VIII, kemudian diambil sampel dengan teknik clusterdan di dapat 30 siswa dari kelas VIII.3. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa guru PAI telah menerapkan metode pembiasaan dengan baik, namun karakter siswa masih tergolong kurang baik. Selan.jutnya untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode angket dan metode dokumentasi kemudian untuk proses analisa datanya dengan teknik statistik menggunakan rumus chi kuadrat ????2.

Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan rumus chi kuadrat ????2dimana diketahui bahwa harga chi kuadrat hitung (????2hitung) sebesar 20,83adalah lebih besar dari harga chi kuadrat tabel (????2tabel), baik pada taraf signifikan 1% (13,227) maupun pada taraf signifikan 5% (9,488) atau 13,227 < 20,83>9,488. Sehingga Ha dalam penelitian ini diterima, dengan kesimpulan bahwa ada pengaruh metode pembiasaa guru PAI terhadap pembentukan karakter siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Metro Kecamatan Metro Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa pmetode pembiasaan guru PAI berpengaruh pada karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:35
Last Modified: 03 Feb 2020 08:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item View Item