Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Konsep Pendidik dalam Al-Qur’an

Lestari, Wiwit Puji (2017) Konsep Pendidik dalam Al-Qur’an. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI WIWIT PUJI LESTARI ( NPM. 1399941 ).pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidik adalah seorang yang memiliki ilmu dan profesi keahlian khusus dalam mentransformasikan ilmu-ilmu pengetahuan kepada para peserta didik sehingga peserta didik dapat mengetahui hal-hal yang belum di mengerti dan dengan keikhlasan, ketaqwaan dan tanggung jawabnya dapat memberi teladan yang baik bagi anak didiknya dan bagi masyarakat. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana konsep pendidik dalam Al-Qur‟an.Adapun pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah diambil dari ayat-ayat Al-Qur‟an surat Luqman: 12-19, al-Khahfi: 66-70, al-Baqarah: 31, 129 & 269, al-Imran: 7 & 164, dan Thahaa: 114. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mengkaji lebih dalam bagaimana konsep pendidik dalam Al-Qur‟an. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian pustaka (library research). Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi.

Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, konsep pendidik dalam Al-Qur‟an bersifat komprehensif yang mengarah pada aspek pembinaan terhadap peserta didik, yaitu tertera dalam surat Luqman dimana seorang guru harus memiliki potensi dan elemen mengajar yang baik dari orang lain, pada surat Al-Kahfi, seorang guru harus memiliki ketegasan dalam mengajar, sedangkan dalam surat Al-Baqarah, memberikan pengajaran tentang mengenal nama-nama benda, mengajarkan membaca serta menulis dan memberikan arahan serta nasihat-nasihat sesuai keterangan yang ada dalam Al-Qur‟an. Kemudian Surat Al-Imran dijelaskan dimana guru harus dapat menyampaikan amalan-amalan baik sesuai pedoman. Serta dijelaskan pula dalam surat Thaaha dimana guru untuk selalu mengikuti aturan tanpa tergesa-gesa dalam menyampaikan pelajaran kepada peserta didik. Itulah dimana tugas guru begitu penting demi lancarnya proses pembelajaran.Jadi, konsep pendidik dalam Al-Qur‟an merupakan suatu acuan dimana guru atau pendidik harus memiliki ketegasan emosional dan spiritual dalam membina serta mengarahkan peserta didiknya pada tujuan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 00:59
Last Modified: 04 Feb 2020 00:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1820

Actions (login required)

View Item View Item