Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 01 Meraksa Aji Tulang Bawang

Andriyani, Yulisa (2017) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 01 Meraksa Aji Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Yulisa Andriyani 139991.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi dan dapat digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Media terdiri dari media auditif, media visual dan media audio-visual.HasilbelajarmerupakanhasildarisuatuinteraksitindakbelajardantindakmengajarPermasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 01 Meraksa Aji Tulang Bawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 01 Meraksa Aji Tulang Bawang. Hipotesis yang peneliti ajukan adalah Ha: Ada Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 01 Meraksa Aji Tulang Bawang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi pada penelitian ini berjumlh 120 siswa. Dari jumlah populasi diambil sebanyak 30 responden, dan alat pengumpul data berupa angket sebagai metode pokok, dan dokumentasi. Angket diberikan kepada siswa yang bertujuan untuk memperoleh data tentang media pembelajaran. Sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar siswa, data guru dan data sekolah, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling ( sampel acak sederhana). Tekhnik analisisnya menggunakan rumus chi kuadrat.Berdasarkan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus chi kuadrat menunjukan bahwa chi kuadrat (????2????????????)lebih besar dari pada (????2????????????), baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 9,488 (5%) <9,924>13,277 91%). Dengan demikian berarti bahwa hipotesis alternatif (ha) diterima dan hipotesis nol (ho) ditolak. Sehingga dapat diketahui bahwaadapengaruhmedia pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 01 Meraksa Aji Tulang Bawang.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa, guru serta kepala sekolah di SMP Negeri 01 Meraksa Aji Tulang Bawang, guru serta dari semua pihak agar dapat menggunakan media pembelajaran yang ekonomis, efisien secara efektif guna mencapai tujuan pembelajarn yang ingin dicapai atau direncanakan sebelumnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 00:55
Last Modified: 04 Feb 2020 00:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1822

Actions (login required)

View Item View Item