Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Quran Hadits Siswa Kelas VIII B MTs Negeri 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017

Suryani, Yunita (2018) Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Quran Hadits Siswa Kelas VIII B MTs Negeri 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI YUNITA SURYANI_NPM. 1285231.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil prasurvei peneliti, pada hasil ulangan harian Mata Pelajaran QuranHadistTahun Pelajaran 2016/2017permasalahan yang terjadi adalah masih terdapat beberapa siswa yang hasil belajarnya tidak memenuhi KKMkarena proses pembelajarannya masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang menunjang keaktifan siswa guru masih menggunakan metode ceramah. Dari hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah model Penerapan Model Pembelajaran Mastery LearningDapat Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Quran Hadits Siswa Kelas VIII B Mts Negeri 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017?”Mengacu masalah tersebut diatas, penulis berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Mastery Learning, pada sub pokok bahasan Menerapkan hukum bacaan mad layyin, mad‘aridllissukundalam QS Al Kautsar dan Al Maun.Pada pembelajaran siswa akan terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus, tahap-tahapnya adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasidan refleksi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran mastery learning(belajar tuntas) dapat meningkatkan hasil belajar Quran Hadist siswa kelas VIII B MTS N 1 Lampung Timur tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran menggunakan Model Mastery Learningdapat meningkatkan hasil belajar Quran Hadistsiswa Kelas VIII B MTs Negeri 1 Lampung Timur, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama rata-rata nilai sebesar 68.14 dengan persentase 57.14%. pertemuan kedua rata-rata nilai sebesar 71.57 dengan persentase ketuntasan 80%, dan pada siklus II pertemuan ketiga rata-rata sebesar 75.42 dengan persentase ketuntasan 85.71%, dan pertemuan keempat rata-rata sebesar 78.28, dengan persentase ketuntasan 88.57%. Artinya terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 31.43%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:03
Last Modified: 03 Feb 2020 09:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1823

Actions (login required)

View Item View Item