Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Kemampuan Berbahasa Arab Siswa MTs se Kota Metro Tahun pelajaran 2016/2017

Marzuki, Choirul (2017) Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Kemampuan Berbahasa Arab Siswa MTs se Kota Metro Tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Choirul Marzuki - 13100292.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran itu. Perkataan tersebut menunjukan bahwa segala urusan jika diserahkan pada orang yang bukan ahlinya maka kerusakan yang akan terjadi. Guru adalah seseorang yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Guru wajib memberikan pengaruh yang baik kepada peserta didiknya dalam mensukseskan pembelajaran. Guru yang tidak berkompetensi tidak akan mampu memberikan pengaruh dan perubahan yang baik kepada peserta didiknya terkhusus dalam pendidikan bahasa Arab.Penelitian yang berjudul Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Kemampuan Berbahasa Arab Siswa MTs se Kota Metro Tahun pelajaran 2016/2017 ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru bahasa Arab pada kemampuan berbahasa Arab siswa MTs se Kota Metro, bagaimana kemampuan bahasa Arab Siswa MTs se Kota Metro, dan adakah pengaruh tentang Profesionalisme guru terhadap kemampuan bahasa Arab Siswa MTs se Kota Metro.Penelitian iniadalah penelitian survey denganmenggunakan metode deskriptifkuantitatif. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh MTs se Kota Metro yang berjumlah 8 sekolah, selanjutnya karena populasi sekolah dan Siswa cukup besar maka penulis dalam penelitian ini menggunakan claster random sampling atau acak yaitu mengambil 2 MTs yang dijadikan sampel dan mengambil sampel 20% dari jumlah siswa kelas VIII dari ke dua MTs yang dijadikan sampel. maka jumlah sampelnya adalah 72 siswa.

Setelah penelitian ini di lakukan maka dapat disimpulkan bahwa : 1). Berdasarkan hasil penelitian ini profesionalisme guru di MTs se Kota Metro dikategorikan kurangberdasarkan hasil perhitungan rata-rata (mean) tes kemampuan bahasa Arab Siswa dikategorikan cukupkarenanilai yang dihasilkan(dengan jumlah data (N) 72 responden) adalah 59.6250 dengan standart devisi 16.15631).2).Ada pengaruh antara Profesionalisme Guru Terhadap kemampuan bahasa Arab Siswa karena dari perhitungan dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana kemudian hasilnya dikonsultasikan pada tabel nilai diperoleh besarnya korelasi -0,112, dengan signifikan 0,175, karena signifikan >0,05, maka Ho(tidak adanya pengaruh profesionalisme guru)ditolak, yang berarti Ha(kemampuan bahasa Arab)diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru dengan kemampuan bahasa Arab Siswa. Berdasarkan harga koefesien korelasi yang negatif yaitu, -0,112, makaarah hubungannya adalah negatif.Artinya apabila nilai X dinaikan maka nilai Y akan turun.Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi profesionalisme guru maka akan diikuti oleh semakin tinggi/ sangat berpengaruh terhadap kemampuan bahasa Arabsiswa, dan sebaliknya . Maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Kata Kunci : pengaruh profesionalisme guru dan kemampuan bahasa Arab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 01:23
Last Modified: 04 Feb 2020 01:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1838

Actions (login required)

View Item View Item