Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Improving the students’ speaking skill through code mixing (English-Indonesian) at the eighth graders of SMP Tarbiyatul Mu’allimien Al-islamiyah (TMI) Roudlatul Qur’an Metro

Hasanah, Uswatun (2019) Improving the students’ speaking skill through code mixing (English-Indonesian) at the eighth graders of SMP Tarbiyatul Mu’allimien Al-islamiyah (TMI) Roudlatul Qur’an Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 225.FTIK.2019.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berbicara adalah salah satu dari empat keterampilan yang sangat penting untuk dipelajari. Berbicara sebagai aspek produktif dipengaruhi oleh beberapa elemen seperti kelancaran, pengucapan, kosakata, ketepatan tata bahasa dan strategi interaksional. Berbicara bahasa Inggris adalah salah satu
keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa-siswi SMP TMI Roudlatul Qur‟an Metro. Namun, ada banyak siswa yang memiliki kesulitan dalam berbicara. Situasi ini menyebabkan skor berbicara siswa masih rendah. Berdasarkan situasinya, untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa, peneliti menggunakan campur kode dalam proses pembelajaran. Campur kode adalah salah satu cara yang mudah dan efektif untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar di kelas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan campur kode dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, akting, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa campur kode memiliki peran positif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di antara delapan siswa SMP TMI Roudlatul Qur‟an Metro. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa dari pre-test hingga post-test. Skor rata-rata dalam pre-test adalah 63,5 dan pada posttest adalah 67,6 menjadi 76,11. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan campur kode dapat meningkatkan keterampilan berbicara di antara para siswa.

Kata Kunci : Berbicara, Campur Kode, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Nov 2019 07:43
Last Modified: 15 Nov 2019 07:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item View Item