Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Pembelajaran Scramble terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIII MTs Al Hikmah Balekencono Batanghari Lampung Timur TP.2017/2018

Marlistiana, Eka (2017) Penerapan Metode Pembelajaran Scramble terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIII MTs Al Hikmah Balekencono Batanghari Lampung Timur TP.2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
EKA MARLISTIANA - 13100412.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kosakata merupakan materi bahasa untuk memberi bekal kepada siswa keterampilan berbahasa, seperti mendengar, membaca, berbicara dan menulis. Kosakata merupakan bekal awal bagi seseorang untuk menggunakan bahasa sebagai sarana interaksi diberbagai bidang, khususnya di bidang pendidikan yang menuntut siswa memiliki kemampuan kosakata untuk memahami isi buku, menganalisisnya, dan memperoleh pengetahuan yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu kosakata merupakan hal yang paling layak untuk diperhatikan guru agar dimiliki siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab.

Berdasarkan penjelasan tersebut, peneliti melakukan penelitian eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran Scramblepada siswa kelas VIII MTs Al Hikmah Balekencono Batanghari Lampung Timur. Dalam penelitian ini peneliti mengajukan pertanyaan penelitian “Apakah penerapan metode pembelajaran Scramblemempengaruhi penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs Al Hikmah Balekencono Batanghari Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018?. Peneliti menggunakan desain penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Alat pengumpulan data menggunakan tes, yang terdiri dari pre-tes dan post-tes. Adapun teknik analisis data menggunakan t-test.

Adapun hasil penelitian yaitu : Penerapan metode pembelajaran scramble dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab, dimana hasil tes eksperimen lebih tinggi dibandis tes kelas kontrol. Hal itu dikarenakan nilai ter kelas eksperimen sebesar 2470 dan nilai tes kelas kontrol sebesar 1750. Nilai tes kelas eksperimen yang mencapai ketuntasan sebesar 80% dari 30 peserta didik. Sedangkan pada kelas kontrol sebesar 31,03% dari 29 peserta didik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t hitung sebesar 8,52 dan ketika dibandingkan dengan t tabel sebesar 2,002 (thitung>ttabel). Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan yaitu “ Penerapan metode pembelajaran Scramble berpengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik kelas VIII MTs Al Hikmah Balekencono Batanghari Lmpung Timur tahun ajaran 2017/2018 “ diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 01:33
Last Modified: 04 Feb 2020 01:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1842

Actions (login required)

View Item View Item