Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Model Lingkungan Bahasa Arab Buatan di Sekolah MTs Al-Furqon Rejomulyo Pasir Sakti Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017

Nurjanah, Siti (2017) Model Lingkungan Bahasa Arab Buatan di Sekolah MTs Al-Furqon Rejomulyo Pasir Sakti Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SITI NURJANNAH 13101132.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab terdapat beberapa maharatullughoh (keterampilan bahasa) yaitu al-Istima’(keterampilan mendengar), al-Kalam (keterampilan berbicara), al-Qira’ah (keterampilan membaca), dan al-Kitabah(keterampilan menulis). Dalam menguasai Keterampilan-keterampilantersebut kita membutuhkan“mumaratsah”(membiasakan diri untuk berbahasa). “Mumaratsah”dalam kehidupan sehari-hari, sangat membutuhkan lingkungan yang mendukung pula dalam kegiatan “mumaratsah” tersebut.Lingkungan yang dimaksud ialah lingkungan bahasa Arab buatan yang terdiri dari lingkungan formal dan non formal.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model lingkungan bahasa Arab buatan di MTs. Al-Furqan Rejomulyo Pasir Sakti Lampung Timur tahun ajaran 2016/2017? Dan tujuan dalam Penelitian ini yaitu untuk mengetahui model lingkungan bahasa Arab buatan di MTs. Al-Furqan Rejomulyo Pasir Sakti Lampung Timur. Peneleitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilaksanakan dari sebelum penelitian di lapangan, selama penelitian di lapangan, dan setelah penelitian di lapangan dengan melibatkan peneliti secara langsung. Wawancara dilakukan terhadap siswa MTs.Al-Furqan Rejomulyo Pasir Sakti Lampung Timur, guru bahasa Arab, serta kepala sekolah MTs. Al-Furqan Rejomulyo Pasir Sakti Lampung Timur. Sedangkan dokumentasi dilakukan dengan mengambil foto lingkungan buatan bahasa Arab di sekolah, serta proses pembelajaran di kelas.

Dari hasil penelitian, modellingkunganbahasa Arab buatan di MTs. Al-Furqan Rejomulyo Pasir Sakti Lampung Timur mencakup lingkungan di dalam kelas dan di luar kelas. Model lingkungan di dalam kelas peneliti menempelkan mufrodat bahasa Arab tentang materi pembelajaran di depan kelas. Dan lingkungan di luar kelas peneliti menempelkan mufrodat bahasa Arab di kantor, perpustakaan, kantin dan tempat lainnya. Sehingga lingkungan ini membantusiswa dalam pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 02:25
Last Modified: 04 Feb 2020 02:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1866

Actions (login required)

View Item View Item