Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Tepung Tapioka Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada PT Tepung Tapioka Serupa Indah Pakuan Ratu Way Kanan)

Ernawati, Rini (2018) Analisis Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Tepung Tapioka Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada PT Tepung Tapioka Serupa Indah Pakuan Ratu Way Kanan). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Rini Ernawati.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasar yang digunakan untuk memasarkan suatu produk, pemasaran adalah tugas akhir dari ekonomi dalam memuaskan kebutuhan hidup manusia. Dalam melakukan bauran pemasaran hendaklah menggunakan cara yang baik dan memperhatikan prinsip ekonomi islam agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat dan dapat merugikan pebisnis lain. Lain halnya yang terjadi pada PT Teoung Tapioka di daerah Pakuan Ratu Way Kanan, salah satu diantaranya ada yang melakukan tindak distorsy pasar yaitu ihtikar. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik ingin melakukan penelitian lebih dalam tentang Bagaimana Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Tepung Tapioka dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada PT Tepung Tapioka Serupa Indah Pakuan Ratu Way Kanan).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Tepung Tapioka Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada PT Tepung Tapioka Serupa Indah Pakuan Ratu Way Kana) dengan memperhatikan nilai dan prinsip ekonomi islam. Bauran pemasaran terdiri dari 4P yaitu, produk, price, place, promotion, sedangkan bauran pemasaran yang digunakan oleh PT Tepung Tapioka Serupa Indah diantaranya yaitu melalui, produk yang dibuat secara beranekaragam, harga yang bervariasi, tempat yang mudah di jangkau, dan promosi melalui plang nama. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap para pengusaha Tepung Tapioka khususnya PT Tepung Tapioka Serupa Indah, sedangkan dokumentasi merupakan foto bukti keabsahan data yang diambil saat peneliti melaksanakan wawancara, dan semua data tersebut dianalisis secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, strategi bauran pemasaran pada PT Tepung Tapioka Serupa Indah telah melanggar salah satu prinsip ekonomi islam yaitu keadilan, serta kebebasan bertindak dan berusaha sehingga ada pengusaha Tepung Tapioka lainnya yang merasa dirugikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:11
Last Modified: 04 Feb 2020 07:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item View Item