Cahyono, Aprilian Dwi (2018) Pengaruh Penerapan Media Gambar Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas 7 MTs Al Asror Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
APRILIAN DWI CAHYONO 13100172.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran kosakata merupakan materi pembelajaran bahasa yang paling penting untuk memberi bekal siswa kemampuan keterampilan berbahasa,karena kosakata merupakan unsur pokok dalam menghasilkan keterampilan berbahasa,seperti mendengar,membaca,berbicara,dan menulis.Kosakata merupakan bekal awal bagi seseorang untuk menggunakan bahasa sebagai sarana interaksi di berbagai bidang,khususnya di bidang pendidikan yang menuntut siswa penguasaan kosakata untuk memahami isi buku-buku pelajaran,menganalisisnya dan memperoleh pengetahuan yang terkandung di dalamnya.Oleh karena itu kosakata merupakan hal yang selayaknya diperhatikan oleh guru,agar dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa Arab.
Berdasarkan uraian tersebut peneliti melakukan penelitian eksperimen dengan menerapkan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Asror sekampung Lampung Timur. Dalam penelitian ini peneliti mengajukan rumusan masalahyaitu: Apakah media gambar berpengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Asror Sekampung Lampung Timur tahun pelajaran 2017-2018?”. Peneliti menggunakan desain penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelas, yaitu: kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas VII A yang jumlah siswanya 24 orang. Kelas kontrol dalam penelitian ini adalah kelas VII B yang jumlah siswanya 22 orang. Alat pengumpulan data menggunakan test, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Anova.
Adapun hasil penelitian yaitu media gambar berpengaruh terhadap penguasaan kosakata siswa di mana nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai tas kelas kontrol. hAl itu karena rata-rata nilai kelas eksperimen setelah pos-test sebesar 75,83, sedangkan rata-rata nilai post-test kelas kontrol sebesar 69,77. Adapun nilai tes kelas eksperimen yang mencapai ketuntasan sebesar 91,607% atau 20 orang siswa. Sedangkan nilai tes kelas kontrol yang mencapai ketuntasan sebesar 73% atau 16 siswa. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai F hitungsebesar 14,191 dan ketika dibandingkan dengan nilai F tabelpada derajat kebebasan 1,44 untuk taraf kepercayaan 5% berada pada nila 4,06, maka nilai F hitungpada derajat signifikansi 5% lebih besar dibandingkan nilai F tabel(4,06<14,191). Oleh karena itu hipotesis yang peneliti ajukan yaitu “Penerapan media gambar berpengaruh terhadap penguasaan kosakata siswa kelas VII MTs Al-Asror Sekampung Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018” diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 02:49 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 02:49 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1876 |
Actions (login required)
View Item |