Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pemahaman Pola Konsumsi Islami Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswi IAIN Metro (Studi Kasus Pada Jurusan Ekonomi Syariah)

Sholekah, Aminatus (2017) Pengaruh Pemahaman Pola Konsumsi Islami Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswi IAIN Metro (Studi Kasus Pada Jurusan Ekonomi Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI AMINATUS.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidup merupakan naluri manusia. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengamatan terhadap perilaku konsumsi Mahasiswi Ekonomi Syariah di IAIN Metro angkatan 2015 dan angkatan 2014, berdasarkan perilaku mahasiswi yang sering membeli barang tidak tepat guna maksudnya mereka lebih mengutamakan kebutuhan pelengkap dibandingkan memenuhi kebutuhan pokok selaku mahasiswi, misalnya mereka lebih mengutamakan untuk membeli baju, tas, sepatu, dan aksesoris fashion lainnya dibandingkan membeli buku cetak, printer, laptop dan peralatan kuliah lainnya. Dalam membelanjakan uang sakunya mereka masih kurang memperhatikan manfaat dari barang yang dibelinya mereka terkadang terpengaruh barang diskon dan lain-lain. Hal tersebut sejalan dengan hasil observasi dari peneliti. Hal ini tergolong di luar batas kewajaran, karena mahasiswi Ekonomi Syariah seharusnya lebih memahami dengan baik tentang berperilaku konsumsi secara Islam.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini populasinya adalah semua mahasiswi Ekonomi Syariah angkatan 2015 dan angkatan 2014 di IAIN Metro. peneliti mengambil jumlah sampel yang dibutuhkan sebagai sumber data dalam penelitian sebesar 10%. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik sampling Proportionate Stratified Random Sampling dalam menentukan sampel. Yakni sampel diambil secara acak berdasarkan proporsi dengan strata yang ada. Adapun teknik randomnya menggunakan nomor uru ganjil dengan interval 11 sehingga ketemu sampel yang dibutuhkan sebanyak 29 orang. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Chi Kuadrat.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapat nilai Chi Kuadrat (x2) hitung lebih kecil dari pada Chi Kuadrat (x2) tabel, baik dalam taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5% yaitu 16,919>0,208<21,666 dengan demikian Tidak Ada Pengaruh Pemahaman Pola Konsumsi Islami Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswi Ekonomi Syariah di IAIN Metro. Hasil perhitungan koefisien kontingensi (KK) diperoleh 0,054. Hasil tersebut jika dikonsultasikan dengan tabel Chi Kuadrat, menunjukkan bahwa Pengaruh Pemahaman Pola Konsumsi Islami Terhadap Pola Konsumsi Mahasiswi Ekonomi Syariah IAIN Metro memiliki tingkat signifikasi rendah dan berada dalam kategori lemah, sehingga korelasi itu diabaikan atau dianggap tidak ada korelasi antara pemahaman dan perilaku. Dalam artian pemahaman pola konsumsi Islam tidak memiliki pengaruh yang kuat terhadap perilaku mahasiswi, terlihat dari perilaku mahasiswi yang irasional sepeti pembelian barang tidak tepat guna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:11
Last Modified: 04 Feb 2020 03:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1881

Actions (login required)

View Item View Item