Yani, Fitri (2018) Pengaruh Strategi Pemasaran Usaha Kerupuk Kemplang Terhadap Pendapatan Usaha (Studi Kasus Home Industri di Desa Adijaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI Fitri Yani.pdf - Other Download (8MB) | Preview |
Abstract
Industri makanan dan minuman di Indonesia semakin pesat dan mendapat peluang yang besar untuk terus bertumbuh dan memenuhi kebutuhan hidup. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya usaha yang timbul baik kecil atau besar begitu pula home industry makanan ringan. Usaha kerupuk kemplang merupakan salah satu produksi makanan ringan yang terdapat di desa Adijaya dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan. Strategi yang digunakan adalah strategi produk, strategi harga, strategi promosi, strategi distribusi, dan orang. Pertanyaan pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh strategi pemasaran usaha kerupuk kemplang terhadap pendapatan usaha home industry di desa Adijaya Kecamatan terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi pemasaran usaha kerupuk kemplang terhadap pendapatan usaha studi kasus home industry di desa Adijaya Kecamatan terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Adapun manfaat penelitian ini secara teoritis merupakan sumbangan pemikiran dan menambah khazanah keilmuan khususnya tentang strategi pemasaran. Secara praktis penelitian ini diharapkan memberikan masukan positif dan informasi bagi semua pihak, khususnya bagi industri makanan ringan kerupuk kemplang dalam melaksanakan kegiatan usahanya yang bergerak di bidang dagang. Untuk menjawab pertanyaan ini penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (Field Research). Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis induktif.
Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyimpulkan bahwa strategi pemasaran pada usaha kerupuk kemplang memiliki pengaruh terhadap pendapatan usaha. Hal ini dapat dilihat dari lima strategi pemasaran yang diterapkan dan dapat meningkatkan pendapatan. Penggunaan lima strategi distribusi juga sudah efektif setelah dilakukan evaluasi dalam meningkatkan pendapatan usaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 07:21 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 07:21 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1888 |
Actions (login required)
View Item |