Nasehah, Lailatun (2017) Efektivitas Penggunaan Media Power Pointuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V (Lima) MI Muhammadiyah Banarjoyo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI LAILATUN NASEHAH 13100622.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum bahasa Arab disempurnakan untuk meningkatkan mutu pendidikan bahasa Arab. Hal ini disebabkan karena mata pelajaran bahasa Arab memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam pengembangan ilmu-ilmu pengetahuan keislaman. Namun kenyataan yang terjadi di sekolah, mata pelajaran bahasa Arab dianggap sebagai salah satu mata pelajara yang sulit dan membosankan. Sebab guru belum mampu mengemas pembelajaran bahasa Arab dengan media yang menarik dan menyenangkan.
Berdasarkan penjelasan di atas, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan media power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Banarjoyo Lampung Timur. Dalam penelitian ini, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian yaitu: “Bagaimana efektivitas penggunaan media power point dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Banarjoyo Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018?. Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, diamana dalam setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan. Alat pengumpulan data mengacu kepada tes yang terdiridari pre test, pos test 1 dan pos test 2. dalam menganalisis data penelitianmenggunakan rumus presentase.
Adapun hasil penelitian yaitu hasil belajar bahasa Arab meningkat melalui penggunaan media power point pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Banarjoyo Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018, dimana hasil nilai tes siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Hal itu karena nilai tes diakhir siklus 1 sebesar 1490 dan diakhir siklus 2 sebesar 1670. Siswa yang mencapai ketuntasan di pos tes 1 sebanyak 13 orang (59%), sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan di pos tes 1 sebanyak 9 orang (41%). Adapun siswa yang mencapai ketuntasan di pos tes 2 sebanyak 18 orang (82%), sedangkan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 4 orang (18%). Oleh karena itu diketahui peningkatan hasil belajar diakhir siklus 2 sebesar 23%, dan hipotesis yang peneliti ajukan, yaitu : “Hasil belajar bahasa Arab meningkat dengan menggunakan media power point pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Banarjoyo Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018”, diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 03:21 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 03:21 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1889 |
Actions (login required)
View Item |