Janurita, Midyana (2018) Pengaruh Pengunaan Model Pembelajaran Kooperative Learning Tipe Time Game Tournament Terhadap Pengusaan Kosakata Siswa Kelas VIIII SMP Muhammadiyah 3 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI MIDYANA JANURITA 13100702.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kosakata merupakan unsur pokok dalam aktivitas berbahasa. Kosakata menjadi bekal seseorang untuk menggunakan bahasa sebagai sarana komunimasi di berbagai bidang, khususnya di bidang pendidikan yang mewajibkan siswa menguasai kosakata untuk memahami isi buku-buku pelajaran dan memahami informasi serta pengetahuan yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu kosakata merupakan hal yang paling layak untuk diperhatikan guru agar dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti melakukan penelitian eksperimen dengan menerapkan metode penerapan model pembelajaran kooperative learningtipe time game tournament dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIIII SMP Muhammadiyah 3 Metro. Dalam penelitian ini peneliti mengajukan rumusan masalah “Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperative learningtipe time game tournamentdalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIIII SMP Muhammadiyah 3 Metroterhadap penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Metro tahun pelajaran 2017/2018?”. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas VIII B yang terdiri 29 siswa, dan kelas kontrol dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA yang terdiri dari 27 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus analisis varian (ANOVA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperative learningtipe time game tournamentberpengaruh terhadap penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Metro tahun pelajaran 2017/2018, dimana rata-rata nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi darirata-ratanilai tes kelas kontrol. Rata-rata nilai tes kelas eksperimen sebesar 74,48dan rata-rata nilai keas kontrol sebesar 70,22. Adapun siswa yang tuntas pada kelas eksperimen sebanyak 26orang (89,66%), sedangkan pada kelas kontrol sebanyak 21orang (77,78%). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai fhitung9,492, dan ketika dibandingkan dengan ftabel pada derajat kebebasan 1,55, diketahui nilai fhitunglebih besar dari nilai ftabel pada derajat signifikansi 5% (4,02<9,492). Oleh karena itu, hipotesis yang peneliti ajukan, yaitu: Ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperative learningtipe time game tournamentberpengaruh terhadap penguasaan kosakata siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Metro tahun pelajaran 2017/2018” diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 03:27 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 03:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1893 |
Actions (login required)
View Item |