Afifa, Khoirotul (2019) Penggunaan media audiovisual dalam peningkatan hasil belajar Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Al Imam Metro Kibang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 150. FTIK.2019.pdf - Other Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik mata pelajaran Bahasa Arab kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Imam Metro Kibang yang masih rendah. Karena dalam proses pembelajaran hanya berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang berpartisipasi aktif dan suasana belajar yang kurang kondusif dan kurang menyenangkan peserta didik terlihat malas dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini dikarenakan beberapa faktor yaitu guru kurang bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan peserta didik serta kurang optimal dalam memanfaatkan media pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran. Peserta didik membutuhkan contoh yang konkrit, maka di sini peneliti menggunakan salah satu alternatif pemecahan masalah dengan penggunaan media audiovisual dalam proses belajar mengajar, karena fungsi media audiovisual dalam proses pembelajaran dapat memperjelas konsep yang diajarkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan media audiovisual pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Imam Metro Kibang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Imam Metro Kibang dengan jumlah Subjek 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan hasil belajar peserta didik meningkat melalui penggunaan media audiovisual. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 52,3% dengan kriteria kurang baik dan siklus II sebesar 74,3% dengan kriteria baik atau meningkat sebesar 22%. Rata-rata nilai postes peserta didik pada siklus I sebesar 66 dan siklus II sebesar 77. Presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 47% pada siklus I, menjadi 80% pada siklus II, atau mengalami peningkatan sebesar 33%. Hasil tersebut menunjukan penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Arab pada peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Imam Metro Kibang tahun pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 08:06 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 08:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/194 |
Actions (login required)
View Item |