Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam (PAI) dengan menggunakan model stad di SDN 01 Adiwarno Lampung Timur

Aprillia, Irma (2019) Upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam (PAI) dengan menggunakan model stad di SDN 01 Adiwarno Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 151.FTIK.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang dialami dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 01 Adiwarno Lampung Timur adalah guru yang jarang menerapkan model pembelajaran variatif, menyenangkan dan menarik. Karenanya siswa menjadi pasif dan hasil belajarnya rendah. Masalah lain yang dihadapi siswa adalah kurang memperhatikan penjelasan guru, kurangnya interaksi antara siswa dengan guru. Oleh sebab itu, peneliti memilih dan menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran di kelas.

Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas V di SDN 01 Adiwarno tahun pelajaran 2018/2019?”

Model STAD merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi maksimal. Dalam STAD, siswa dibagi menjadi kelompok beranggotakan 4-5 siswa yang beragam kemampuan, jenis kelamin, dan sukunya.

Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 01 Adiwarno Tahun Pelajaran 2018/2019, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mencapai KKM 75 pada siklus I sebesar 64,5% meningkat menjadi 87% pada sisklus II hal ini mengalami peningkatan sebesar 23% dengan demikian hasil tersebut telah memenuhi target yang ditetapkan oleh peneliti sebesar 75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Nov 2019 08:06
Last Modified: 18 Nov 2019 08:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item