Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Islamiyah Sumberrejo Batanghari Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019

Nikmah, Jamilatun (2019) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Islamiyah Sumberrejo Batanghari Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 152.FTIK.2019.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Alasan dipilihnya judul ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Islamiyah Sumberrejo. Metode pembelajaran pada mata pelajaran IPA masih didominasi oleh ceramah dan penugasan. Sehingga siswa kurang terlibat dalam pembelajaran dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran IPA. Untuk membuat proses pembelajaran IPA menjadi menyenangkan, serta siswa dapat menjadi lebih aktif dalam belajar dan tercapainya tujuan pembelajaran, peneliti menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV MI Islamiyah Sumberrejo, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas mengaplikasikan model yang dikembangkan oleh wina sanjaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada tiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Dalam satu siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Islamiyah Sumberrejo pada mata pelajaran IPA semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 16 orang siswa yang terdiri dari 7 putra dan 9 putri. Teknik pengumpulan data menggunaan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif, analisis data dihitung dengan menggunakan rumus menghitung presentase.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 50%, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 25% menjadi 75%. Ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan dan telah tercapai ketuntasan belajar lebih dari 60% pada akhir siklus, dengan presentasse 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV MI Islamiyah Sumberrejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Nov 2019 08:06
Last Modified: 18 Nov 2019 08:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/197

Actions (login required)

View Item View Item