Istiana, Khana (2019) Penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam peningkatan hasil belajar IPS siswa SD Negeri 02 Giriklopomulyo kecamatan Sekampung kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 154.FTIK.2019.pdf - Other Download (6MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang sangat penting bagi siswa yang mana dengan adanya pembelajaran IPS siswa dapat berinteraksi dengan baik, baik disekolah maupun di lingkungan masyarakat. Untuk itu seorang guru dalam proses pembelajaran harus menciptakan pembelajaran yang aktif. Dalam menyampaikan materi guru harus menjelaskan apa yang diketahui oleh siswa terlebih dahulu,kemudian mengakaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa sehingga siswa akan lebih mudah dalam memahami materi pelajaran, sehingga siswa mampu memahami materi dan mampu memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siswa kelas III SD Negeri 02 Giriklopomulyo hasil belajar yang diperoleh siswa belum maksimal dikarenakan dalam proses pembelajaran kurang mengkaitkan dengan kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 02 Giriklopomulyo Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 02 Giriklopomulyo siswa kelas III berjumlah 33 siswa yang dirancang dalam 2 siklus dan tiap siklusnya terdiridari 3 kali pertemuan. Tiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, hasil tindakan dan refleksi
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 02 Giriklopomulyo Tahun Pelajaran 2018/2019. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 54,55 %. Hasil tersebut membuktikan bahwa tercapainya ketuntasan hasil belajar siswa dengan nilai KKM ≥60 mencapai 84,85% diakhir siklus dan dapat dinyatakan telah mencapai atau melebihi taraf indikator keberhasilan belajar siswa yaitu 70%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 08:06 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 08:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/199 |
Actions (login required)
View Item |