Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan hasil belajar siswa melaluipenerapan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) mata pelajaranIPS kelas V SDN 02 Mojopahit tahun pelajaran 2018/2019

Yeni Triana, Laili (2019) Peningkatan hasil belajar siswa melaluipenerapan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) mata pelajaranIPS kelas V SDN 02 Mojopahit tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 156.FTIK.2019.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) membekali siswa dengan ilmu-ilmu sosial serta peristiwa kehidupan sosial masyarakat. Namun hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu yang berpengaruh adalah model pembelajaran yang digunakan.Berdasarkan hasil prasurvey rendahnya hasil belajar siswa disebabkan siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran,saat diberikan kesempatan untuk bertanya siswa kurang aktif dalam bertanya jika ada materi yang belum dimengertisehingga materi kurang terserap dengan baik.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas Va SDN 02 Mojopahit Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan dari penelitian untuk meningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS siswa kelas Va SDN 02 Mojopahit Tahun Pelajaran 2018/2019.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran (2 x 35 menit).Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va SDN 02 Mojopahit, pada mata pelajaran IPS dengan jumlah sebanyak 22 siswa. Terdiri dari 10 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.

Berdasarkan hasil analisis penelitian diketahui bahwa setelah model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) diterapkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata hasil
belajar pada siklus I sebesar 69,31, pada siklus II 80,22. Dengan tingkat ketuntasan siklus I sebesar 63% dan pada siklus II 81%. Dengan selisih tingkat ketuntasan siklus I dan siklus II sebesar 18%. Hal tersebut membuktikan bahwa
siswa yang mencapai KKM 60 diakhir siklus melebihi taraf indikator keberhasilan 75%. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 02 Mojopahit Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Nov 2019 08:06
Last Modified: 18 Nov 2019 08:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item View Item