Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPS SDN 2 Sidomulyo Sekampung tahun pelajaran 2018/2019

Purwaningsih, Leni (2019) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran IPS SDN 2 Sidomulyo Sekampung tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 157.FTIK.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penulis tertarik meneliti dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share karena kegiatan pembelajaran selama ini hanya berpusat kepada guru sehingga siswa kurang aktif di dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ini dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga hasil belajar siswa juga akan meningkat. Model pembelajaran ini cocok diterapkan di dalam pembelajaran anak sekolah dasar, karena model ini akan membuat siswa aktif sehingga tidak ada siswa yang merasa bosan saat proses pembelajaran berlangsung.

Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkat kan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas IV SDN 2 Sidomulyo Sekampung Lampung Timur?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran IPS kelas IV.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang di dalamnya terdapat dua siklus. Pengumpulan data dalam model pembelajaran kooperatif tipe think pair share ini berupa lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Lembar dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa sejarah lokasi penelitian dan lain-lain.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV khususnya dalam materi kegiatan ekonomi masyarakat indonesia, hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I rata-rata sebesar 2,73 (Cukup) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 4,03(Baik). Dalam hal ini terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II rata-rata sebesar 1,30. Hasil belajar siswa dalam siklus I sebesar 46% dan pada siklus II meningkat menjadi 77%. Dalam hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 31% meningkatnya hasil belajar siswa sebagai bukti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia dan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat diterapkan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Nov 2019 08:06
Last Modified: 18 Nov 2019 08:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item View Item