Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan model pembelajaran cooperative tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA SDN 2 Rama Kelandungan tahun pelajaran 2018/2019

Latifah, Lina (2019) Penerapan model pembelajaran cooperative tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA SDN 2 Rama Kelandungan tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 158.FTIK.2019.pdf - Other

Download (8MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan, yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk menghasilkan sebuah perubahan tingkah laku. Namun kenyataannya masih terdapat siswa di SDN 2 Rama Kendungan khusunya kelas V yang mendapat hasil belajar dibawah KKM. Hal ini dikarenakan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah yang diberikan oleh guru bahkan siswa mengalami kesulitan apabila guru memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar materi pelajaran. Sering kali diberi kesempatan untuk bertanya namun siswa hanya terdiam tidak berani bertanya bahkan merasa malu sementara siswa belum memahami materi yang disampaikan oleh guru pada saat proses pembelajaran.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer. Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Model pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan Model dokumentasi.

Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran Cooperative tipe Numbered Head Together (NHT) dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa meningkat, pada siklus I didapati nilai rata-rata siswa yaitu 66,5 dengan presentase ketuntasan mampu mencapai 60% setelah diadakan refleksi pada siklus I maka rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata yaitu 80,75 dengan presentase ketuntasan mampu mencapai 80%.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan penggunaan model pembelajaran Cooperative tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Rama Kelandungan Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung tengah Tahun Ajaran 2018/2019.

Metode Numbered Head Together (NHT) dapat dijadikan sebagai motode alternatif untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di SDN 2 Rama Kelandungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Nov 2019 08:06
Last Modified: 18 Nov 2019 08:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item