Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar IPS SD Negeri 2 Kalibening

Mauluddina, Luluk (2019) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar IPS SD Negeri 2 Kalibening. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 160.FTIK.2019.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta berdasarkan hasil prasurvei pada tanggal 24 September 2018 bahwa hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPS rendah. Ditandai dengan 36,36% yaitu 8 siswa yang tuntas dari 22 siswa. Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu pada saat proses pembelajaran siswa gaduh di dalam kelas. Penggunaan metode belum optimal, sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan tidak menerjakan PR. Pada saat guru mengajukan pertanyaan siswa hanya diam. Siswa merasa malu untuk bertanya. Siswa menganggap dirinya masih bingung dengan materi yang dijelaskan oleh guru. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah, hal ini ditandai dengan nilai yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 2 Kalibening.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Kalibening yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian berupa observasi, tes formatif, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi guru dan siswa serta kisi-kisi soal tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥70% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥64.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 2 Kalibening setelah menggunakan model pembelajaran make a match pada siklus I maupun siklus II. Berdasarkan hasil tes dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model make a match, siswa yang mencapai nilai ≥64 sebesar 45,45% pada siklus I dan meningkat sebesar 31,82% mencapai 77,27% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah adanya perbaikan tindakan pada siklus II yaitu guru melakukan tanya jawab dan pemberian reward kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan dan mendapat nilai tinggi. Tindakan diberhentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS SD Negeri 2 Kalibening.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:49
Last Modified: 19 Nov 2019 07:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/206

Actions (login required)

View Item View Item