Nur Fadhilla, Nadia (2019) Pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 2 Sidomulyo tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 165.FTIK.2019.pdf - Other Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa kendala dalam proses pembelajaran IPA antara lain adalah pembelajaran IPA belum menggunakan model pembelajaran Talking Stick, pembelajaran masih didominasi oleh pendidik, peserta didik kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat atau bertanya bila ada materi yang belum dipahami, dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA masih rendah.
Berdasarkan permasalahan di atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 2 Sidomulyo tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 2 Sidomulyo.
Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini membandingkan kelompok yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Populasi pada penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri 2 Sidomulyo. Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan berjumlah 45 peserta didik, dengan penjabaran 25 peserta didik kelas VA sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Talking Stick, sedangkan kelas kontrol yang berjumlah 20 peserta didik kelas VB tidak menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes kemudian dianalisis dengan uji-t, sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen (pembelajaran Talking Stick) dengan peserta didik kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Pada kelas eksperimen (VA) diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 22,2 dengan nilai rata-rata pretest = 46,8 dan nilai rata-rata postest = 69. Sedangkan pada kelas kontrol (VB) diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 16,75 dengan nilai rata-rata pretest = 41,25 dan nilai rata-rata postest = 58. Artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick lebih baik dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 07:49 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 07:49 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/209 |
Actions (login required)
View Item |