Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Gambar Seri Bagi Siswa Kelas III SDN 3 Tempuran Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Sari, Tri Yunita (2017) Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Gambar Seri Bagi Siswa Kelas III SDN 3 Tempuran Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI TRI YUNITA SARI NPM. 13105945.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dalam upaya mewujudkan peningkatan menulis siwa, maka guru diharapkan mampu memilih dan menerapkan mediapembelajaran yang dapat menyampaikan tujuan pembelajaran dengan baik kepada siswa.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf sederhana pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri 03 Tempuran Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar berupa kemampuan menulis paragraf sederhana dengan menggunakan media gambar seri pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 3 Tempuran.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh dari data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi peserta didik untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik, tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa setelah media gambar seri diterapkan kemampuan menulissiswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari rata-rata kegiatanbelajar siswa pada siklus I sebesar 63,1% dan siklus II 82%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,9%. Kemampuan menulis siswa mengalami peningkatan setelah menerapkan media gambar seri dalam proses pembelajaran.Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 68,2% dan siklus II sebesar 84,21%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 20%. Dari analisis data dapat dipahami bahwa penerapan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf sederhana pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Pelajaran Bahasa Indonesia, Gambar Seri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Feb 2020 01:53
Last Modified: 06 Feb 2020 01:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2108

Actions (login required)

View Item View Item