Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Pembelajaran Modeling The Way untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 3 Purwodadi Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Haya, Ulfa Aiman (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Modeling The Way untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 3 Purwodadi Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
skripsi ulfa aiman haya.pdf - Other

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pada Pembelajaran dikelas tidak terlepas dari beberapa masalah yang muncul. Salah salah satu masalah yang muncul adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Sebagai contoh, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SD Negeri 3 Purwodadi Lampung Tengah yang ditemukan sebesar 69% tidak tuntas ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya siswa masih banyak yang kurang konsentrasi dalam pembelajaran dan kurang memperhatikan penjelasan dari guru, dan lebih banyak bermain-main. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan metode MTW.

Berdasarkan permasalahan diatas, penulis melakukan upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 3 Purwodadi Lampung Tengah tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 13 siswa pada materi mendengarkan dialog drama dengan metode pembelajaran ModelingThe Way. Penelitian ini adalah peneilitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan proses pembelajaran 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Setiap siklus mempunyai tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain: tes, observasi, kuesioner,dan dokumentasi.

Hasil penelitian dengan menggunakan metode Modeling The Way, menunjukan motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 64 % yang kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 69 %. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 23% yang kemudian terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 73%. Hasil ini menegaskan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran Modeling The Waydapat Meningkatkan Motivasi dan HasilBelajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 3 Purwodadi Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Feb 2020 01:57
Last Modified: 06 Feb 2020 01:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item View Item