Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 03 Gondangrejo T.P 2016/2017

Rahmatusani, Azizah (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 03 Gondangrejo T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
AZIZAH RAHMATUSANI - 13104985.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Meningkatkan keterampilan komunikasi dan pemahaman konsep siswadalam pembelajaran merupakan salah satu tugas guru. Guru diharapkan dapatmemilih dan menerapkan metode pembelajaran yang dapat memberdayakan danmenggali bakat, minat, serta potensi siswa. Dilatarbelakangi bahwa partisipasisiswa dalam proses pembelajaran masih relatif rendah, selain itu interaksi antarsiswa kurang baik, seperti dalam mengemukakan ide pendapatnya.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahapakah penerapan pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa kelas IV Mata Pelajaran IPA di SDN 03 Gondang Rejo T.P2016/2017 danapakah penerapan pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV Mata Pelajaran IPA di SDN 03 Gondang Rejo T.P 2016/2017.Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Datayang diperoleh dari data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan datapenelitian ini berupa lembar observasi untuk mengetahui kegiatan pembelajaransiswa, tes hasil pemahaman konsep dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkanpada siklus I rata-rata keterampilankomunikasi sebesar 49,12%dan pada siklus II sebesar 73%, atau mengalamipeningkatan sebesar 48%. Sedangkan hasil pemahaman konsep siswa pada siklusI sebesar 59% dan siklus II sebesar 86,3% atau mengalami peningkatan sebesar46%, dengan demikaian hasil penelitian tersebut bahwa penerapan modelpembelajaran menggunakanNumber Head Together bisa meningkatanketerampilan komunikasi dan pemahamana konsep siswa pada mata pelajaran IPAkelas IV SD N 03 Gondang Rejo T. P 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:16
Last Modified: 06 Feb 2020 02:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2113

Actions (login required)

View Item View Item