Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Produk Tabungan Faedah BRI Syariah KCP Bandar Jaya

Nurmalasari, Lutfi Indah (2017) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Faedah BRI Syariah KCP Bandar Jaya. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
LUTFI INDAH NURMALASARI - 14123008.pdf - Other

Download (780kB) | Preview

Abstract

Saat ini Lembaga Keuangan Syariah (LKS), baik perbankan maupun non banktelah mengalami perkembangan. Persaingan antara Lembaga Keuangan Syariah semakin tinggi dalam hal pemasaran produk. Karena, banyak bank syariah maupun Lembaga Keuangan Syariah non bank yang menawarkan berbagai macam produk yang memiliki keunggulannya masing-masing. Oleh karena itu, setiap Lembaga Keuangan Syariah dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dan tentunya membutuhkan strategi pemasaran yang efektif. BRISyariah KCP Bandar Jaya merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang menawarkan produk tabungan, salah satunya yaitu Tabungan Faedah.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan analisis data secara deskriptif.Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumberdata primer dan sekunder dengan teknik wawancaradan dokumentasi yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran produk Tabungan Faedah BRISyariah KCP Bandar Jaya.Analisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif,karena data yang didapat berupa uraian-uraian atau keterangan-keterangan yang didapat dari kegiatan wawancara. Analisis data tersebut menggunakan cara berfikir induktif, dimana berfikir induktif yaitu bermula dari fakta-fakta yang khusus dan peristiwa-peristiwa yang konkrit. Dengan cara berfikir induktif ini penulis dapat menggunakan fakta-fakta dan data-data yang konkrit dari wawancara dengan Pincapem, Branch Operational Supervisor, Customer Service, danAccount Officer MicroBRISyariahKCP Bandar Jaya.

Hasil dari penelitian diketahui bahwastrategipemasaranyang diterapkanBRISyariah KCP Bandar Jaya terhadapproduk Tabungan Faedah, yaitudiimplementasikanmenggunakananalisa 7P, place (tempat), product(produk),price (harga),promotion (promosi), people (partisipan), process (proses),dan physical evidence (lingkungan fisik). Pemasaran produk Tabungan Faedahjuga dilakukanmelalui Account Officer Micro (AOM). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti tentang strategi pemasaran produk Tabungan Faedah yang dilakukan oleh bank BRISyariah KCP Bandar Jaya sudah bisa dibilang berhasil dalam prosesnya. Hal ini ditunjukan dengan adanya kenaikan jumlah nasabah Tabungan Faedah setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 06 Feb 2020 06:06
Last Modified: 06 Feb 2020 06:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2116

Actions (login required)

View Item View Item