Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah (Non Performing Financing)di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP)Metro

Meisari, Riska (2017) Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah (Non Performing Financing)di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP)Metro. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TA RISKA MEISARI LENGKAP (COVER s.d DAFTAR PUSTAKA).pdf - Other

Download (965kB) | Preview

Abstract

Perbankan sebagai salah satu lembaga keuangan syariah mempunyaiperan yang sangat penting dalam kehidupan suatu Negara, apa lagi Negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Peran strategis Bank tersebut terutama disebabkan oleh fungsi utama Bank sebagai lembaga yang dapat menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat secara efektif dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi penanganan pembiayaan bermasalah (NPF) pada Bank BRI Syariah KCP Metro.

Pembiayaan adalah pendanaan atau penyediaan uang yang diberikan oleh satu pihak (lembaga keuangan) ke pihak lain (nasabah) berdasarkan kesepakatan antara dua belah pihak. Dalam pembiayaan memiliki berbagai risiko salah satunya pembiayaan bermasalah. Pembiayaan bermasalah adalah pembiayaan non lancar mulai dari kurang lancar, sampai dengan macet.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memenuhi dan mendeskripsikan Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah (NPF) pada BRI Syariah KCP Metro dalam memberikan pembiayaan kepada nasabah. Jenis penelitian ini adalah field research. Alat pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Manfaat penelitian ini yaitu untuk memperkarya khazanah keilmuan serta wawasan praktik perbankan khususnya berkaitan dengan pembiayaan oleh Accounting Officer.

Dari hasil penelitian ini adalahadanya pengaruh yang signifikan dari penerapan atau penggunaan strategi penanganan terhadap pembiayaan bermasalah yang disalurkan pada Bank BRI Syariah KCP Metrosudah sesuai dengan teori yang ada yaitu melakukan komunikasi secara langsung untuk melihat kondisi nasabah terkait pembiayaan bermasalah, dan melakukan perjanjian kembali waktu angsuran, kemudian strategi 5C sudah diterapkan sesuai dengan teori yang ada hal ini bertujuan untuk meminimalisir pembiayaan bermasalah agar bank mencapai tujuan perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:51
Last Modified: 06 Feb 2020 03:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2128

Actions (login required)

View Item View Item