Septianengrum, Nisa (2019) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode group to group pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Kota Gajah tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 168.FTIK.2019.pdf - Other Download (14MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar siswa yang rendah merupakan wujud dari berbagai masalah yang muncul dari kegiatan pembelajaran. Hasil belajar yang rendah pada pelajaran IPS ditandai 70 % siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Metode yang digunakan belum bervariasi yaitu dengan menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar siswa belum maksimal. Siswa cenderung pasif, hanya sebagian kecil siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan upaya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Kota Gajah Tahun Pelajaran 2018/2018 sebanyak 20 siswa dengan menerapkan metode Group To Group. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti bertindak sebagai pendidik dan pendidik mata pelajaran sebagai observer. Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan metode dokumentasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan metode Group To Group dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 1 Kota Gajah Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS setelah menerapkan metode Group To Group di kelas V SDN 1 Kota Gajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019.
Berdasarkan hasil analisis dari penelitian dapat diketahui bahwa dengan penerapan metode Group to Group hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 75% pada siklus II mencapai 100% atau ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 35%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Group to Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Peningkatan ini merupakan implikasi dari peningkatan aktivitas belajar siswa. Pendidik merasa puas atas penerapan metode Group to Group, dan siswa merasa lebih bersemangat dalam mengikuti Pembelajaran. Peneliti menyarankan untuk sekolah agar memberikan motivasi kepada para pendidik untuk dapat menerapkan Group to Group khususnya pada pendidik mata pelajaran IPS kelas V SDN 1 Kota Gajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 07:47 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 07:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/213 |
Actions (login required)
View Item |