Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh implementasi kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA SDN 2 Sribhawono tahun 2018

Ratna Sari, Puri (2019) Pengaruh implementasi kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA SDN 2 Sribhawono tahun 2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 170.FTIK.2019.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sejak tahun 2013 pemerintah telah mengeluarkan kebijakan tentang penerapan kurikulum baru kemudian dikenal dengan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 lahir dengan semangat untuk merekonstruksi pendidikan Indonesia agar mampu menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk mengembangkan segala potensi mereka. Keberhasilan kurikulum 2013 dalam membentuk kompetensi dan karakter dapat diketahui dari berbagai perilaku sehari-hari yang tampak dalam setiap aktivitas peserta didik dan warga sekolah lainnya. Perilaku tersebut antara lain diwujudkan dalam bentuk: kesadaran, kejujuran, keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, kepedulian, kebebasan dalam bertindak, kecermatan, ketelitian, dan komitmen dalam pembelajaran. Penerapan kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran tematik yaitu pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam tema dengan proses pembelajaran yang bermakna disesuaikan dengan perkembangan siswa. Pembelajaran yang dilaksanakan berkaitan dengan pengalaman dan lingkungan siswa.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh kurikulum 2013 terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA SDN 2 Sribhawono tahun 2018?” Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh kurikulum 2013 terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA SDN 2 Sribhawono tahun 2018.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh Kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa mata Pelajaran IPA SDN 2 Sribhawono. Hal ini dapat dilihat berdasarkan analisis kuantitatif dari hasil penelitian yang menunjukkan besarnya harga chi kuadrat (x2) yang diperoleh yaitu 12,58 dengan harga chi kuadrat (x2) pada tabel. Pada penelitian ini menggunakan df atau db sebesar 4 diperoleh harga Chi Kuadrat (χ2) pada signifikan 5% sebesar 9,488. Dengan demikian berarti harga Chi Kuadrat hitung (χ2hitung) sebesar 12,58 lebih besar dari Chi Kuadrat tabel (χ2tabel) pada taraf signifikan 5% pada db = 4. Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor yang satu dengan yang lainnya, maka digunakan koefisien kontingensi yang dilambangankan dengan C. Berdasarkan perhitungan diperoleh C= 0,652 dengan Cmax= 0,816 yang kemudian dilihat pada tabel KK dari hasil konsultasi dengan tabel KK, diperoleh hasil bahwa hubungan kedua variabel berada pada kriteria erat atau tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:47
Last Modified: 19 Nov 2019 07:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item