Nur Indah Cahya, Putri (2019) Penggunaan alat peraga papan pecahan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas III SD Negeri 02 Restu Baru tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 171.FTIK.2019.pdf - Other Download (12MB) | Preview |
Abstract
Matematika adalah mata pelajaran yang mendukung perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang merupakan komponen penting dari serangkaian pembelajaran yang ada di dalam pendidikan. Ilmu ini membutuhkan pemikiran yang logis, sistematis dan kritis. Terdapat empat komponen yang sangat penting agar tercapai tujuan pembelajaran yaitu bahan belajar, suasana belajar, media dan guru sebagai subjek pembelajaran. Alat peraga papan pecahan merupakan jenis media visual yang dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran, namun pada kenyataannya alat peraga tidak dimanfaatkan dengan baik sehingga hasil belajar siswa rendah. Melalui proses pra-survey yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas III SD Negeri 02 Restu Baru, masih dijumpai beberapa hal yang tidak berjalan dengan optimal antara lain belum tercapainya tujuan pembelajaran terbukti dengan rendahnya hasil ulangan tengah semester ganjil sebanyak 35 siswa, 62,86% tidak tuntas belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui penggunaan alat peraga papan pecahan. Penelitian ini menggunakan metode PTK atau Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan pada setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki kelas III SD Negeri 02 Restu Baru tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga papan pecahan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Ketuntasan belajar tes pemahaman konsep siswa pada siklus I sebesar 75,13% meningkat sebesar 9,44% menjadi 84,57% pada siklus II. Hasil tersebut telah memenuhi ketuntasan belajar pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 07:48 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 07:48 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/215 |
Actions (login required)
View Item |